Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol. 6 No. 2 (2025): Juli 2025

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA KONSEP PESAWAT SEDERHANA

Donti, Yarti (Unknown)
Odja, Abdul Haris (Unknown)
Payu, Citron S (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan model Project Based Learning berbantuan canva terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen Pretest Posstest Control Group Design pada dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kontrol untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa selama pembelajaran. Teknik analisis data dikumpulkan melalui tes yang diberikan kepada siswa dengan sampel penelitian berjumlah 47 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan setelah di terapkan pembelajaran dengan ditunjukkan nilai rata-rata posttest menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen mencapai 87,50 dan kelas kontrol memperoleh 85,22. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh nilai 2,14 > 2,01, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model Project Based Learning berbantuan canva berpengaruh terhadap hasil belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

luminous

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika yang disingkat dengan JLu merupakan jurnal yang diterbitkan dan dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas PGRI Palembang. JLu memuat artikel hasil penelitian di bidang Pendidikan Fisika yang meliputi penelitian eksperimen, ...