Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran fisika berbasis powtoon terhadap hasil belajar fisika pokok bahasa kalor dan perpindahnnya pada kelas XI SMA Negeri 2 Tanggul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasy eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control-Group Design. Populasi yang digunakan yaitu kelas XI dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik cluster random sampling sehingga di peroleh kelas XI-A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-d sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini dikumpulkan melalalui tes yang mana terdiri dari pretest dan posttest. Data yang dihasilkan melalui uji normalitas sebesar 0,026 dan 0,016 yang mana nilai signifikasi tersebut menunjukkan bahwa bilai pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Setelah dinyatakan berdistribusi normal, maka dilanjut uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil uji T-test yaitu 0,004 yang menunjukkan nilai lebih kecil dari 0,005 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan begitu fapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dignifikasi penerapan media pembelajaran fisika berbasis powtoon terhadap hasil belajar siswa pokok bahasab kalor dan perpindahannya.
Copyrights © 2025