Menurut Badan Pusat Statistik, pertumbuhan penduduk Indonesia di dominasi oleh generasi Z (12-28 tahun). Generasi muda ini adalah pengguna sosial media terbanyak. Konten informasi dengan mudah didapatkan dari sosial media, sedikit banyaknya akan mempengaruhi kesadaran seseorang khususnya menjaga asupan air dalam tubuh. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sosial media terhadap kesadaran generasi Z membawa tumbler air minum. Metode Penelitian: Studi cross-sectional pada 110 generasi Z di wilayah kabupaten Bireun. Analisis chi-square dengan p-value <0,05 untuk melihat variabel pengaruh atau signifikan. Sofat analisis data yang digunakan adalah SPSS 27.0. Hasil: Ada pengaruh variabel pengetahuan dengan kesadaran membawa tumbler air minum p-value 0,025. Kemudian ada pengaruh variabel durasi menggunakan sosial media terhadap kesadaran membawa tumbler air minum (p-value 0,009). Kesimpulan: Terdapat pengaruh pengetahuan generasi Z dan durasi menggunakan sosial media terhadap kesadaran gen Z membawa tumbler air minum untuk memenuhi kebutuhan asupan air dalam tubuh. Sehingga perlu dilakukan kampanye melalui sosial media berkolaborasi dengan influencer untuk meningkatkan kesadaran generasi muda dalam menjaga kesehatan.
Copyrights © 2025