Guru merupakan ujung tombak pelaksana pendidikan. Keberhasilan guru dalam melaksanakan tugasnya merupakan cerminan dari kinerja guru, dan hal tersebut terlihat dari aktualisasi kompetensi guru dalam merealisasikan tugas profesinya. Pencapaian tujuan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar merupakan tugas utama seorang pendidik. Salah satunya dengan menggunakan pembelajaran berbasis Project Based Learning sebagai suatu pendekatan pembelajaran yang inovatif yang berpusat pada peserta didik. Penyajian tulisan ini didasarkan pada analisis data kepustakaan dengan model analisis deskriptif. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran ekonomi apabila dikembangkan dengan kreatifitas model pembelajaran yang baikĀ akan sangat besar memiliki potensi untuk melatih proses berfikir siswa yang mengarah pada keterampilan berfikir kritis siswa. Keteramplilan berfikir kritis dikembangkan disetiap tahapan pembelajaran Project Based Learning. siswa menjadi terdorong di dalam belajar dan guru berperan sebagai mediator dan fasilitatornya. Metode ini melibatkan siswa dalam eksplorasi, penilaian, interpretasi, dan sintesis informasi untuk menghasilkan suatu produk atau solusi dari proyek yang dikerjakan. Pencapaian tujuan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar merupakan tugas utama seorang pendidik. Salah satunya dengan menggunakan pembelajaran berbasis Project Based Learning sebagai suatu pendekatan pembelajaran yang inovatif yang berpusat pada peserta didik.
Copyrights © 2025