eProceedings of Engineering
Vol. 11 No. 4 (2024): Agustus 2024

Pengembangan Chatbot Dalam Rancang Ulang User Experience Website Buildwithangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Menggunakan Metode Design Thinking

Briliand, Diaz Wahyu (Unknown)
Herdiani, Anisa (Unknown)
Setiawan, Dadang (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2024

Abstract

Abstrak - Pada era digital saat ini diperlukan online course yang membantu membangun kemampuanbaru. Namun, terkadang dalam mengikuti online course terkadang mengalami penurunanmotivasi belajar. Didukung dengan survei pra-penelitian terhadap 30 responden penggunaonline course code Buildwithangga yang menunjukkan 60% pengguna tingkat sedang. Solusiuntuk meningkatkan motivasi belajar adalah chatbot. Chatbot pada pembelajaran menawarkanpembelajaran yang interaktif, membantu untuk memahami materi secara efektif, gunameningkatkan motivasi belajar. Perancangan user experience menggunakan metode designthinking. Design thinking memberikan solusi yang inovatif dan kreatif dari permasalahan yangtelah ditentukan pengguna. Instructional materials motivation survey (IMMS) sebagai evaluasiuntuk mengetahui peningkatan motivasi belajar. Hasil pengujian sesudah pengembanganchatbot menunjukkan peningkatan motivasi pengguna, terdapat 70% pengguna memilikitingkat motivasi tinggi. Hasil juga menunjukkan dari pengujian motivasi belajar didapatkanpeningkatan rata-rata motivasi dari 3.87 pada pra-penerapan menjadi 4.12 sesudah penerapanchatbot. Kata Kunci : online course, motivasi, chatbot, user experience, design thinking, Instructionalmaterials motivation survey (IMMS).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

engineering

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian teknik. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...