Abstrak - Sepak bola adalah olahraga yang sangatpopuler di Indonesia dan di seluruh dunia. Setiap tahun,ribuan orang menonton pertandingan sepak bola baiksecara langsung maupun melalui televisi. Untuk menontonlangsung didalam stadion tentu saja diperlukan sebuah tiketdan dalam era digital saat ini, pembelian tiket untukpertandingan sepak bola juga menjadi lebih mudah denganadanya teknologi internet. Di kompetisi sepakbola Indonesiajuga sudah mulai menerapkan penjualan tiket secaraonline, namun , pada kompetisi sepak bola di Indonesiapermasalahan yang sering dialami masyarakat Indonesiaketika ingin membeli tiket nonton bola adalah tiket hanyadapat dibeli melalui website tim tuan rumah, sehingga akansangat susah bagi supporter ketika ingin membeli tiket away(tandang) karena harus mengunjungi website yang berbedabeda disetiap pertadingan away (tandang). Dikarenakanpembelian tiket hanya dapat dilakukan di website masingmasing tim hal tersebut dapat membuat proses pembeliantiket menjadi tidak efisien, rumit membingungkan danmemakan waktu yang banyak bagi pengguna karena desainyang tidak konsisten pada setiap website tim. Penelitian inibertujuan untuk merancang pengalaman pengguna dimanasemua supporter dari berbagai elemen dapat membeli tiketsetiap pertandingan sepak bola kapanpun dimanapun tanpaharus berpindah pindah website. Penelitian inimenggunakan metode User Centered Design karenamempertimbangkan kebutuhan, tujuan, masukan daripengguna. Pengambilan data yang digunakan berupaobservasi, dan wawancara. Melihat antusiasme masyarakatIndonesia terhadap sepak bola dapat disimpulkan bahwaperlu untuk meracang website pemebelian tiket kompetisisepak bola Indonesia dimana semua pertandingan padakompetisi sepak bola Indonesia dapat dibeli melalui websitetersebut. Kata kunci : user xperience, user centered design, user experience questionare
Copyrights © 2024