Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana penggunaan permainan online Mobile Legends berdampak pada siswa Universitas Suryakancana. Mobile Legends, salah satu game e-sport paling populer di kalangan siswa, memengaruhi banyak aspek kehidupan siswa, termasuk akademik, sosial, psikologis, dan komunikasi, selain hanya menjadi media hiburan. Pendekatan deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, yang mengumpulkan data dengan menyebarkan angket kepada 102 responden. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebagian besar responden (70%) bermain selama 1–2 jam setiap hari. Dampak positif termasuk peningkatan kemampuan berpikir strategis, kerja sama tim, dan meningkatkan relasi sosial. Sebaliknya, dampak negatif termasuk penurunan fokus belajar, kecenderungan untuk menghindari interaksi sosial secara langsung, gangguan waktu istirahat, stres dan kelelahan ringan. Data menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menggunakan moderat, tetapi perilaku bermain game mereka harus diperhatikan agar tidak mengganggu tanggung jawab akademik dan sosial mereka. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu mahasiswa, guru, dan pihak kampus membuat kebijakan yang memungkinkan keseimbangan antara tanggung jawab akademik dan aktivitas hiburan digital
Copyrights © 2025