Tujuan penelitian 1) mengetahui perencanaan digitalisasi kinerja sumber daya guru yang memengaruhi efektivitas perencanaan dan pencapaian tujuan pendidikan, 2) mengetahui digitalisasi pengembangan profesional sumber daya guru, 3) mengetahui evaluasi digitalisasi dalam penilaian kinerja sumber daya guru. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian berlokasi di Sekolah Dasar Negeri Prampelan 1 Kecamatan Sayung Kabupaten Dema pada bulan Mei - Juli 2025. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan digitalisasi kinerja sumber daya guru memengaruhi efektivitas perencanaan dan pencapaian tujuan pendidikan meliputi a) analisis kebutuhan sekolah; b) Pembentukan tim; c) Perencanaan anggaran; d) Perencanaan sumberdaya manusia; e). perencanaan anggaran; f). perencanaan RKJM, RKT, RKAS. (2) pelaksanaan digitalisasi diantaranya a) Kegiatan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis digital; b) penggunaan media digital seperti aplikasi WhatsApp, jaringan wifi dan proyektor serta laptop. c) pemanfaatan digital untuk tugas siswa dengan mengembangkan materi dan menjawab soal-soal dari guru yang diselesaikan secara mandiri. (3) evaluasi dan pengawasan digitalisasi dalam penilaian kinerja sumber daya guru diantaranya meliputi pengawasan internal dilakukan kepala sekolah dan pengawas, kemudian pengawasan eksternal dilakukan komite sekolah, dilihat dari teknis pengawasan dilakukan dengan dua pendekatan yaitu pengawasan langsung yang bersifat teknis dan pengawasan tidak langsung dalam bentuk laporan. Selain itu pengawasan 1) standar penilaian; 2) asesmen; 3) hasil penilaian berupa rapot projek; 4) tindak lanjut dari kegiatan project.
Copyrights © 2025