Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 3 (2025): Agustus - October

Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Leverage terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr)

Zakaria, Rizki Muhammad (Unknown)
Kosadi, Ferry (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2022–2024. CSR merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan dan pemangku kepentingan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linear berganda dan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh signifikan positif terhadap pengungkapan CSR, ukuran perusahaan juga berpengaruh signifikan positif terhadap CSR, sedangkan leverage berpengaruh signifikan secara negatif terhadap pengungkapan CSR. Temuan ini mendukung teori stakeholder dan teori legitimasi yang menyatakan bahwa perusahaan perlu menjaga hubungan baik dengan lingkungan sosial untuk mempertahankan eksistensinya di tengah masyarakat dan pasar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...