JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Problematika Peran dan Tanggung Jawab Guru BK dan Guru GPK di Sekolah Inklusi

Amora Jofipasi, Rendy (Unknown)
Asri, Robbi (Unknown)
Ahmilurrizki, M (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika yang dihadapi oleh guru Bimbingan dan Konseling (BK) dan guru Pendidikan Khusus (GPK) dalam pelaksanaan peran dan tanggung jawab di sekolah inklusi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus di beberapa sekolah inklusi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru BK, guru GPK, serta observasi langsung di kelas dan ruang bimbingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua profesi menghadapi berbagai tantangan, termasuk keterbatasan sumber daya, kurangnya pelatihan khusus, serta kesulitan dalam koordinasi dan komunikasi antar guru. Guru BK sering kali mengalami tekanan dalam menangani berbagai kebutuhan emosional dan psikologis siswa dengan kebutuhan khusus, sementara guru GPK menghadapi kendala dalam menyesuaikan kurikulum dan metode pengajaran yang sesuai. Penelitian ini menemukan bahwa integrasi peran guru BK dan GPK dalam tim multidisipliner masih belum optimal. Penelitian juga mengungkapkan Perlu adanya peningkatan pelatihan dan dukungan profesional untuk kedua profesi dalam mendukung implementasi pendidikan inklusi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...