JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Self-regulated learning terhadap Prokrastinasi Pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi

Kholiza, Haura Nur (Unknown)
Abdillah, Rijal (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-regulated learning terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner daring kepada 150 mahasiswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari skala self-regulated learning dan skala prokrastinasi akademik yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa self-regulated learning berpengaruh signifikan terhadap prokrastinasi akademik dengan kontribusi sebesar 2,7%. Artinya, kemampuan mahasiswa dalam mengatur proses belajar secara mandiri dapat membantu mengurangi kecenderungan menunda penyelesaian skripsi. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar pengembangan program pembinaan akademik yang bertujuan meningkatkan keterampilan belajar mandiri mahasiswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...