An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 4 No. 4 (2025): Juli 2025

ANALISIS KEADILAN SOSIAL DALAM PENDIDIKAN BERDASARKAN PERSPEKTIF PAULO FREIRE

Kusuma Dewi Nur Aini, M.Ag (Unknown)
Mochamad Faiz Al Farisyi (Unknown)
Mochamad Fatih Vidiarell (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Ketimpangan dalam akses dan mutu pendidikan di berbagai wilayah Indonesia menunjukkan bahwa nilai-nilai keadilan sosial belum terinternalisasi secara utuh dalam sistem pendidikan nasional. Diskriminasi terhadap kelompok rentan dan distribusi sumber daya yang tidak merata memperkuat struktur sosial yang eksklusif dan tidak setara. Makalah ini bertujuan untuk mengkaji peran strategis pendidikan dalam mewujudkan keadilan sosial, dengan merujuk pada pemikiran Paulo Freire sebagai dasar teoritis. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui studi pustaka, yang mencakup analisis terhadap karya-karya utama Freire dan literatur pendidikan kritis, serta tinjauan terhadap kondisi faktual pendidikan Indonesia. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan yang berpijak pada prinsip keadilan sosial harus bersifat transformatif, dialogis, dan kontekstual. Pendidikan semacam ini membangun kesadaran kritis peserta didik terhadap realitas sosial dan menumbuhkan keberdayaan kolektif untuk mengubah struktur ketimpangan. Oleh karena itu, pendidikan tidak boleh netral, tetapi harus menjadi alat pembebasan yang berpihak pada yang tertindas dan mendukung terwujudnya masyarakat yang lebih adil dan inklusif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...