Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya
Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2015

Kajian Internet Marketing Sebagai Salah Satu Media Pemasaran Industri Perhotelan

Atun Yulianto - AKPAR BSI Yogyakarta (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2014

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Internet marketing salah satu hotel bintang lima di Jakarta dalam menghadapi ketatnya persaingan pada industri perhotelan. Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode kualitatif dengan alat analisis data melalui SWOT. Sedangkan data dikumpulkan dengan teknik pengamatan (observasi), penelusuran (browsing) dan studi pustaka (literature), dimana tujuannya adalah untuk mengetahui dan mendefinisikan alat-alat internet marketing hotel yang berupa e-mail, website, banner web, partnership online, klasifikasi data penjualan online, sponsorship, sosial media dan search engine optimation (SEO). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hotel telah menerapkan internet marketing dalam menyampaikan informasi yang bersifat mengenalkan, menawarkan dan mempromosikan jasanya kepada calon tamu untuk menghadapi ketatnya persaingan pada industri perhotelan. Kekuatan utama dalam penerapan internet marketing bagi Hotel Mandarin Oriental Jakarta adalah kerjasama (affiliasi online) dengan pihak lain, website yang terklasifikasi dengan baik dan media sosial yang dijalankan hotel. Ketiganya difungsikan untuk penetrasi pasar yang dituju dan membangun citra baik hotel kepada calon tamu agar tetap eksis dalam persaingan pada industri yang sama. Kata Kunci : Internet marketing, SWOT, Industri Perhotelan

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

khasanah

Publisher

Subject

Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Khasanah Ilmu sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian pada masyarakat luas. Situs Jurnal Khasanah Ilmu menyediakan artikel-artikel jurnal untuk diunduh secara gratis. Jurnal kami adalah jurnal ilmiah nasional yang ...