Al-Muraqabah: Journal of Management and Sharia Business
Vol. 5 No. 1 (2025): Al-Muraqabah: Journal of Management and Sharia Business

Peran Competitive Advantage dalam Memediasi Pengaruh Product Innovation dan Islamic Market Orientation Terhadap Marketing Performance pada Pelaku UMKM Jenang Dodol di Kota Demak

Hidayatullah, Muhammad Rifai Syarif (Unknown)
Endah Nur Fitriyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh product innovation dan islamic market orientation terhadap marketing performance dengan competitive advantage sebagai variabel mediasi. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan sumber data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM jenang dodol di kota Demak sebanyak 70 responden dengan teknik sampel jenuh.. Hasil uji statistik menunjukan bahwa variabel product innovation, islamic market orientation dan competitive advantage masing-masing berpengaruh positif signifikan terhadap marketing performance. Sedangkan variabel product innovation berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap competitive advantage. Kemudian islamic marketing performance  berpengaruh positif signifikan terhadap competitive advantage. Dan competitive advantage tidak mampu menjadi mediasi pengaruh product innovation terhadap marketing performance. Namun competitive advantage mampu memediasi islamic market orientation terhadap marketing performance. Penelitian ini berguna untuk penelitian lebih lanjut serta dapat dijadikan rujukan bagi para pelaku usaha dan peneliti selanjutnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

muraqobah

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Focus Al-Muraqabah: Journal of Management and Sharia Business is to promote the wide dissemination of the result of systematic schoolarly inquiries into the broad field of business, management, and entrepreneur research. Scope Al-Muraqabah: Journal of Management and Sharia Business is intended to be ...