Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 6 No 2 (2025): August 2025

REPRESENTASI KEKUASAAN TUTURAN DOSEN DALAM PEMBELAJARAN DI JURUSAN TEKNIK MESIN POLITEKNIK NEGERI SEMARANG DITINJAU DARI PERSPEKTIF SOSIOPRAGMATIK

Prihatmini, Eri (Unknown)
Vebriyanto, Danu Angga (Unknown)
Hudaya, Diah Wulansari (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi kekuasaan dalam tuturan dosen selama proses pembelajaran di Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang dengan menggunakan pendekatan sosiopragmatik dan metode analisis wacana kritis. Penelitian ini menelaah bentuk-bentuk tuturan dosen yang mencerminkan kekuasaan serta konteks sosial yang melatarbelakanginya. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif dan rekaman interaksi kelas dan wawancara semi terstruktur, lalu dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuasaan dosen direpresentasikan melalui lima jenis tindak tutur utama, yaitu: direktif (mengatur tindakan mahasiswa secara langsung), deklaratif (menetapkan aturan dan konsekuensi), representatif (menegaskan otoritas epistemik), ekspresif (mengelola emosi dan norma moral), dan komisif (menyampaikan komitmen sebagai bentuk negosiasi). Kelima jenis tindak tutur tersebut mencerminkan dinamika kekuasaan yang bersifat fungsional, situasional, dan dialogis dalam interaksi kelas vokasional. Studi ini menegaskan pentingnya kesadaran pragmatik dosen dalam mengelola relasi kekuasaan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang inklusif dan efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpbsi

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Prawara: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is published by the Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Humanities, Universitas Jenderal Soedirman. Prawara which is published twice a year (every June and December), is a double blind peer-reviewed publication consists ...