Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2025): June-September 2025

Pengembangan Media Game Edukasi “Edushroom” Berorientasi Kebudayaan Lokal pada Materi Fungi Siswa Fase E SMAN 2 Singaraja

Pingky Fitria Syahrani (Unknown)
I Wayan Sukra Warpala (Unknown)
Ni Putu Sri Ratna Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan rancang bangun, validitas, dan kepraktisan dari media game edukasi berorientasi kebudayaan lokal pada materi fungi siswa fase E. Pengembangan media ini menggunakan model ADDIE sampai tahapan kelima. Uji validitas dilakukan dengan dua ahli media dan dua ahli materi serta uji kepraktisan dilakukan oleh 3 siswa sebagai uji coba perorangan dan 12 siswa sebagai uji kelompok kecil pada kelas 10 SMA Negeri 2 Singaraja. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan, (1) rancang bangun dari pengembangan menghasilkan produk media game edukasi “Edushroom” pada materi fungi siswa fase E; (2) validitas media dari aspek materi dan media mendapatkan skor satu yang termasuk pada kriteria sangat valid; dan (3) hasil dari uji kepraktisan media pada uji perorangan memperoleh hasil 82% yang dikategorikan sangat praktis, dan uji kelompok kecil memperoleh hasil 89% yang juga dikategorikan sangat praktis. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk media game edukasi “Edushroom” valid dan dapat digunakan secara praktis dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...