Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 10 No 2 (2025): Edisi Mei 2025

Pengembangan Modul Matematika Berbasis Cerpen untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika dan Motivasi Belajar Siswa SMK

Zaki, Ahmad (Unknown)
Arliani, Elly (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketersediaan modul matematika yang berkualitas bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik dan menghasilkan modul matematika berbasis cerita pendek serta menilai kualitasnya dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dalam meningkatkan literasi matematika dan motivasi belajar siswa SMK. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Instrumen yang digunakan meliputi pedoman wawancara, lembar validasi, angket kepraktisan, tes literasi matematika, dan angket motivasi belajar. Validitas instrumen diuji melalui expert judgment dan reliabilitasnya masing-masing 0,607 (literasi matematika) dan 0,854 (motivasi belajar). Subjek penelitian adalah siswa kelas X DPB 2 SMK Negeri 1 Sewon. Hasil penelitian berupa modul cetak yang memuat elemen cerita pendek sebagai pengantar materi persamaan kuadrat. Modul memperoleh skor validitas materi 3,13 (layak) dan media 3,62 (sangat layak). Kepraktisan diperoleh dari guru (3,61) dan siswa (3,34), keduanya berkategori sangat baik. Keefektifan dibuktikan dengan rata-rata nilai literasi matematika 80,14 dan skor motivasi belajar 3,28. Hasil uji one sample t-test menunjukkan t hitung 2,63 > t tabel 1,65 dan p-value 0,013 < 0,05. Dengan demikian, modul yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika khususnya di SMK.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...