Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol. 7 No. 2 (2025)

Pengaruh Citra Merek dan Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek IPhone di Kota Singaraja

Danuarta, Sang Nyoman (Unknown)
Yulianthini, Ni Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menjelaskan pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian, pengaruh kesadaran merek serta pengaruh citra merek dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian. Lokasi penelitian ini adalah Singaraja pada konsumen iPhone. Metode penentuan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan 120 responden. Pengumpulan data dengan kuesioner secara online. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, serat citra merek dan kesadaran merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan pihak manajemen iPhone menyesuaikan strategi pemasarannya dengan citra merek dan tingkat kesadaran merek di kalangan masyarakat lokal, serta terus memperkuat citra merek melalui komunikasi yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan serta preferensi konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Prospek

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis is an open journal for every article related to Human Resource Management, Financial Management, Marketing Management, Strategic Management, Organizational Behavior, Operations Management, Change Management, Management of Sharia, Knowledge Management, ...