Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi dan citra destinasi terhadap keputusan berkunjung pada pengunjung destinasi wisata pantai penimbangan. Promosi memiliki peran memberitahukan suatu produk terhadap kalangan masyarakat sedangkan citra destinasi berpartisipasi dari suatu tempat tertentu yang menggambarkan destinasi wisata dalam mempengaruhi keputusan berkunjung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kausal dengan metode sampling probabilitas dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 397 pengunjung pantai penimbangan serta dokumentasi dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan promosi dan citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Kemudian secara parsial promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung dan citra secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Temuan ini menegaskan bahwa pengelola pantai penimbangan dapat mengoptimalkan strategi pemasaran, khususnya dalam membangun citra destinasi yang positif bagi mata konsumen dan calon konsumen. Dengan strategi yang tepat, hal ini dapat mendorong peningkatan keputusan kunjungan wisata pantai penimbangan.
Copyrights © 2025