Madrasah Ibtidaiyah Research Journal
Vol. 3 No. 2 (2025)

Efektivitas Media Kartu Kuartet dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa pada Pembelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah

Aisyah, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui daya ingat siswa pada pembelajaran IPS sebelum menggunakan media kartu kuartet, 2) Mengetahui daya ingat siswa pada pembelajaran IPS setelah menggunakan media kartu kuartet, dan 3) Mengetahui efektivitas media kartu kuartet dalam meningkatkan daya ingat siswa pada pembelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 8 Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental. Adapun rancangan penelitian ini adalah Non-Equivalent Control Group Design dengan jumlah sampel 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik Inferensial. Berdasarkan hasil penelitian sebelum dan setelah diterapkannya media kartu kuartet di kelas IV di MIN 8 Bone, diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata untuk pretest kelas eksperimen mencapai 38,38 dan kelas kontrol mencapai 44,33. Kemudian, nilai rata-rata untuk posttest kelas eksperimen mencapai 77,74 dan kelas kontrol mencapai 65,00. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test, daya ingat siswa diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,001 yang berarti lebih kecil dari ? yaitu < 0,05 (0,001 < 0,05). Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga pembelajaran IPS dengan penerapan media kartu kuartet efektif dalam meningkatkan daya ingat siswa di Madrasah Ibtidaiyah, khususnya di kelas IV MIN 8 Bone.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

maraja

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Madrasah Ibtidaiyah Research Journal, is providing a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers about elementary education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the world. This journal is published two times ...