Perkembangan teknologi yang sangat pesat telah membawa dampak yang signifikan pada kemampuan komunikasi manusia. Meningkatnya penggunaan media sosial menyebabkan seseorang lebih banyak menghabiskan waktu berinteraksi dengan layar gadget daripada berkomunikasi secara langsung. Ketergantungan pada teknologi juga dapat mengurangi kemampuan public speaking siswa, serta dalam memahami bahasa non-verbal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas metode show and tell terhadap kemampuan public speaking siswa kelas V MI Babul Ilmi Lemoape, Kabupaten Bone. Populasi dalam penelitian ini adalah 104 siswa dengan menggunakan kelas V sebagai sampel yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif (quantitative research) dengan desain pre-experimental menggunakan one-group pretest-posttest design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 79% metode show and tell efektif dalam meningkatkan kemampuan public speaking siswa. Hal ini terlihat setelah penerapan metode show and tell terjadi peningkatan pada beberapa aspek kemampuan public speaking siswa. Pertama dari segi kepercayaan diri siswa meningkat. Kedua, keterampilan dalam public speaking siswa mengalami perkembangan yang baik dari segi ketepatan vokal, pengaturan intonasi, ekspresi wajah, kalancaran berbicara, serta penguasaan materi dengan baik.
Copyrights © 2025