Madrasah Ibtidaiyah Research Journal
Vol. 3 No. 2 (2025)

Efektivitas Metode Show and Tell Terhadap Kemampuan Public Speaking Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Babul Ilmi Lemoape Kabupaten Bone

Arfah, Salwa (Unknown)
Rasyid, Nirwana (Unknown)
Hamzah, Muh. Zuhdy (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2025

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat telah membawa dampak yang signifikan pada kemampuan komunikasi manusia. Meningkatnya penggunaan media sosial menyebabkan seseorang lebih banyak menghabiskan waktu berinteraksi dengan layar gadget daripada berkomunikasi secara langsung. Ketergantungan pada teknologi juga dapat mengurangi kemampuan public speaking siswa, serta  dalam memahami bahasa non-verbal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas metode show and tell terhadap kemampuan public speaking siswa kelas V MI Babul Ilmi Lemoape, Kabupaten Bone. Populasi dalam penelitian ini adalah 104 siswa dengan menggunakan kelas V sebagai sampel yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif (quantitative research) dengan desain pre-experimental menggunakan one-group pretest-posttest design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 79% metode show and tell efektif dalam meningkatkan kemampuan public speaking siswa. Hal ini terlihat setelah penerapan metode show and tell terjadi peningkatan pada beberapa aspek kemampuan public speaking siswa. Pertama dari segi kepercayaan diri siswa meningkat. Kedua, keterampilan dalam public speaking siswa mengalami perkembangan yang baik dari segi ketepatan vokal, pengaturan intonasi, ekspresi wajah, kalancaran berbicara, serta penguasaan materi dengan baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

maraja

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Madrasah Ibtidaiyah Research Journal, is providing a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers about elementary education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the world. This journal is published two times ...