Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode Modelling the Way dalam pembelajaran mata pelajaran Fikih pada siswa kelas III di MI Miftahul Ulum Kota Batu, khususnya pada materi Shalat Jama’ dan Qashar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan fokus penelitian pada guru mata pelajaran Fikih serta siswa kelas III. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa penggunaan metode Modelling the Way didasari oleh kebutuhan terhadap strategi pembelajaran yang lebih aplikatif dan relevan dengan konteks keseharian siswa. Pelaksanaan metode ini berlangsung melalui tiga tahapan utama: perencanaan, implementasi, dan evaluasi, di mana guru berperan aktif sebagai teladan dalam mempraktikkan tata cara Shalat Jama’ dan Qashar. Hasil implementasi menunjukkan bahwa pendekatan ini efektif dalam meningkatkan pemahaman konseptual, keterampilan praktis, serta motivasi belajar siswa, yang ditunjukkan melalui hasil evaluasi peserta didik yang melampaui batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa metode Modelling the Way dapat menjadi strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Fikih di tingkat madrasah ibtidaiyah.
Copyrights © 2025