Rendahnya literasi lingkungan di kalangan siswa sekolah dasar menjadi tantangan pendidikan yang memerlukan pendekatan pembelajaran inovatif dan relevan dengan kehidupan nyata. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan model pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) terhadap peningkatan literasi lingkungan siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi pustaka terhadap enam artikel ilmiah nasional dan internasional yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Data diperoleh melalui penelusuran pada 3 database ilmiah yaitu Google Scholar, DOAJ, dan Garuda, dengan kriteria inklusi yang relevan terhadap tema CTL dan literasi lingkungan. Hasil kajian literatur menunjukkan bahwa model CTLss mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap isu lingkungan, mendorong sikap peduli dan tanggung jawab ekologis, serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan psikomotorik melalui pengalaman belajar yang kontekstual. Pembelajaran berbasis CTL juga efektif diterapkan pada berbagai kondisi sekolah, baik di wilayah pedesaan, pesisir, maupun perkotaan, selama didukung oleh perangkat ajar yang sesuai konteks lokal dan pelatihan guru yang memadai. Temuan ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran kontekstual merupakan strategi yang relevan dan efektif dalam menumbuhkan literasi lingkungan sejak pendidikan dasar.
Copyrights © 2025