Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 Build

Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) dan Media Konkret Eksploratif Geometri terhadap Kemampuan Numerasi Siswa pada Materi Bangun Ruang

Wilda Febri Kartika (Unknown)
Deni Setiawan (Unknown)
Syaiful Amin (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penggunaan model PBL dan media konkret eksploratif geometri terhadap kemampuan numerasi siswa kelas V SD Negeri Krengseng 4. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Krengseng yang berjumlah 72 siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik non-probability sampling jenis purposive sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri Krengseng 4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V .SD Negeri Krengseng 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes kemampuan numerasi yang berjumlah sepuluh soal berupa soal essay. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik inferensial berupa uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat berupa uji linieritas, uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PBL dan media konkret eksploratif geometri pada uji F memiliki nilai sig 0,000 yang artinya hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model PBL dan media konkret eksploratif geometri terhadap kemampuan numerasi siswa pada materi bangun ruang kelas V SD Negeri Krengseng 4.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...