Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan kolaborasi siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini dilakukan di kelas IVB SDN Karang Tengah 14 dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc Taggart. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, rubrik penilaian, dan catatan lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah model pembelajaran Cooperative tipe Jigsaw mampu meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa kelas IVB SDN Karang Tengah 14 dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Hal ini didukung dengan hasil penilaian keterampilan kolaborasi siswa pada siklus I sebesar 60,12% atau sebanyak 17 siswa, sementara itu terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 81,96% atau sebanyak 23 siswa. Dengan begitu, model pembelajaran Cooperative tipe Jigsaw mampu berdampak positif guna meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa dalam Pendidikan Pancasila.
Copyrights © 2025