Penelitian ini mengkaji strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X di SMK Negeri 6 Enrekang. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi tugas dan fungsi guru PAI serta upaya mereka untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian kualitatif ini menggunakan data primer dan sekunder dari kepala sekolah, guru PAI, dan siswa kelas X. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tugas guru PAI di SMK Negeri 6 Enrekang lebih dari sekadar mengajar, mendidik, dan mengevaluasi. Mereka juga berperan dalam menumbuhkan keterampilan membaca Al-Qur'an, melaksanakan kegiatan keagamaan sekolah, dan menjadi teladan bagi siswa. Untuk meningkatkan motivasi belajar, guru PAI menerapkan beberapa strategi. Sistem penghargaan diberikan untuk mengakui prestasi siswa. Berbagai metode pembelajaran, seperti ceramah, sesi tanya jawab, dan diskusi, menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan interaktif. Penggunaan media pembelajaran modern, seperti proyektor dan bahan ajar digital, juga mendukung pemahaman siswa. Secara keseluruhan, studi ini mengungkap peran penting guru PAI dalam membentuk karakter dan meningkatkan prestasi akademik siswa melalui pendekatan yang komprehensif dan inovatif. Strategi yang diterapkan terbukti efektif dalam memotivasi siswa untuk belajar.
Copyrights © 2025