Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan secara sistematis hasil dari penelitian terdahu yang berkaitan dengan penerapan budaya sekolah yang mendukung nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila di jenjang PAUD. Metode yang digunakan yaitu pendekatan Studi Literature Riview (SLR), dimana penulis akan mengumpulkan, menganalisis dan menginterpresentasikan informasi yang relevan dari berbagai sumber tertulis baik itu dari karya ilmiah, buku, internet dan sebagainya. Hasil kajian menunjukkan bahwa budaya sekolah berperan sangat penting dalam membentuk karakter anak sejak dini melalui pembiasaan kegiatan rutin serta keteladanan guru. Dimensi nilai Profil Pelajar Pancasila yang paling banyak diterapkan di PAUD meliputi nilai beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri dan gotong royong. Sementara itu, mengenai dimensi nilai bernalar kritis dan kreatif masih belum banyak dijadikan fokus utama. Oleh karena itu, dengan temuan ini diharapkan mampu menjadi dasar bagi pengembangan kebijakan di sekolah terutama dalam menerapkan pembiasaan kegiatan rutin yang lebih terintegrasi dengan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila di jenjang PAUD.
Copyrights © 2025