Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa,khususnya dalam mengidentifikasi ide pokok dalam teks naratif, melalui penerapan teknikskimming. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Pematangsiantar dengan subjek siswakelas VIII. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari tahapperencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes,observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yangsignifikan dalam pemahaman membaca siswa setelah penerapan teknik skimming. Padapre-test, hanya 33,3% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM),sedangkan pada siklus kedua, sebanyak 76,6% siswa memperoleh nilai di atas KKM. Hasilini menunjukkan bahwa teknik skimming secara efektif meningkatkan kemampuan siswadalam mengidentifikasi ide pokok, mempercepat kecepatan membaca, serta meningkatkanketerlibatan mereka dalam aktivitas membaca. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwateknik skimming merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan pemahamanmembaca siswa sekolah menengah pertama.
Copyrights © 2025