Paradigma
Vol 18, No 2 (2016): Periode September

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS

Dewi Ayu Nur Wulandari (AMIK BSI Bandung)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran kosakata bahasa inggris terhadap hasil belajar dan motivasi siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan non-equivalent control group design. Jenis non-equivalent control group design di pilih karena subjek penelitian tidak diambil secara acak dari populasi tetapi diambil dari seluruh subjek yang terbentuk secara alami.. Data hasil belajar diperoleh dengan melakukan tes dalam bentuk essay. Soal yang digunakan pada saat pretest dan posttest adalah soal yang sama persis.  Pada penelitian ini peneliti membuat 2 kelompok yaitu kelompok yang mendapatkan perlakuan dan kelompok kontrol. Kelompok perlakuan adalah kelas yang akan diberikan treatment berupa pembelajaran kosakata bahasa inggris berbasis multimedia. Sedangkan kelompok kontrol adalah kelas yang akan dijadikan  pembanding dengan mendapatkan perlakuan pembelajaran kosakata menggunakan media papan tulis dan buku ajar. Pada tahap awal pengujian dilakukan uji Kolmogorov-Smirnov dan dilanjutkan dengan pengujian homogenitas kedua kelompok dengan menggunakan uji Levene. Berdasarkan hasil uji Kolmogorov-Smirnov didapat data tingkat signifikasi probabilitasnya diatas 0.05 (p>0.05)  yaitu Nilai Pretest kelompok eksperimen 0.759, Nilai Pretest kelompok kontrol  0.851, Nilai Posttest kelompok eksperimen 0.945, Nilai Posttest kelompok kontrol  0.925, Nilai Motivasi kelompok eksperimen 0.688, Nilai Motivasi  kelompok kontrol  0.902. Berdasarkan data hasil analisis uji levene menunjukkan bahwa nilai sig. (p-value)  data  pretes, data  posttes serta data motivasi kedua kelompok adalah > 0,05, dengan demikian kedua data homogen. Dapat disimpulkan terjadi kenaikan rata-rata nilai yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran ini membawa efek positif.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

The first Paradigma Journal was published in 2006, with the registration of the ISSN from LIPI Indonesia. The Paradigma Journal is intended as a media for scientific studies of research, thought and analysis-critical issues on Computer Science, Information Systems and Information Technology, both ...