Perkembangan teknologi digital telah mengubah perilaku konsumen dalam menilai kualitas barang atau jasa, mendorong banyak perusahaan, termasuk PT PLN (Persero), untuk melakukan transformasi digital guna meningkatkan efisiensi bisnis dan memberikan nilai lebih bagi pelanggan. Untuk mewujudkan hal ini, dibutuhkan SDM yang siap bersaing dengan keterampilan di bidang teknologi informasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh transformasi digital dan digital leadership terhadap kinerja pegawai pelayanan teknik di PLN UP3 Situbondo, dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Penelitian ini melibatkan 117 pegawai pelayanan teknik PLN UP3 Situbondo dengan menggunakan metode sensus. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan Structural Equation Modeling (SEM) jenis Partial Least Square (PLS) menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua hipotesis berpengaruh signifikan positif, dengan t-statistik lebih besar dari 1,96 dan p-value kurang dari 0,05. Transformasi digital berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja dan kinerja pegawai. Digital leadership juga berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja dan kinerja pegawai. Selain itu, transformasi digital dan digital leadership mempengaruhi kinerja pegawai melalui kepuasan kerja.
Copyrights © 2025