Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan HAMKA tentang pendidikan spiritual, dan bagaimana tahap perkembangan anak dalam beragama. Hal ini didasari oleh urgensi kecerdasan spiritual dalam memaksimalkan tiga macam kecerdasan anak, yaitu kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan emosional. Kecerdasan spiritual telah difahami oleh kebanyakan orang sebagai control terhadap aktualisasi individu dalam memanfaatkan kecerdasan intelektual atau akal yang dimiliki, sehingga dalam penelitian ini optimalisasi kecerdasan spiritual perlu diperhatikan. Jenis penelitian yang penulis gunakan ini adalah penelitian pustaka (library research). penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan karakteristik library research, dan metode analisis yang digunakan adalah analisis isi (content analisys). Adapun dalam penelitian ini diketahui bahwa: 1) tahap perkembangan anak dalam beragama secara berurutan terdiri dari: pertumbuhan pikiran dan mental, perkembangan perasaan, perkembangan social, perkembangan moral, sikap dan minat, dan ibadah. 2) kebahagiaan menurut yang hakiki menurut HAMKA merupakan integrase dari lima hal, yaitu: kebahagiaan akal, kebahagiaan perasaan, kebahagiaan keluarga, kebahagiaan karir, dan kebahagiaan spiritual.
Copyrights © 2023