Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 14, No 1 (2025): Januari - Juni 2025

KONTRIBUSI FILSAFAT ILMU DALAM PENGEMBANGAN METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SYED NAQUIB AL-ATTAS

Lidia, Fika Sofiatul (Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang)
Sopingi, Imam (Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang)



Article Info

Publish Date
15 May 2025

Abstract

Penelitian ini membahas kontribusi filsafat ilmu menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas dalam pengembangan metodologi penelitian pendidikan Islam. Tujuan utamanya adalah menjembatani kesenjangan antara idealisme teori pendidikan Islam dan realitas implementasi di lapangan melalui pendekatan integratif berbasis adab. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif-analitis, penelitian ini menganalisis konsep-konsep kunci seperti Islamisasi ilmu, epistemologi tauhid, dan kritik terhadap sekularisme ilmu pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metodologi berbasis filsafat Al-Attas dapat memperkaya pendekatan ilmiah dengan mengintegrasikan wahyu, akal, dan pengalaman empiris. Kontribusi utama penelitian ini adalah menawarkan kerangka konseptual baru yang relevan untuk pendidikan Islam, meskipun terbatas pada studi pustaka dan membutuhkan validasi lebih lanjut secara empiris.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

tazkiya

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Focuses on providing opportunities for researchers in the field of education, especially the results of research and research that are relevant to Islamic Education to be published. As for the scope of Islamic Education that is meant is: Islamic Education Islamic Education Management History of ...