SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL
Vol 14 No 3 (2025): SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL

THE EFFECT OF THE PRO-ISRAEL FOOD AND BEVERAGES (F&B) BOYCOTT MOVEMENT ON THE INCREASE IN SALES OF MUSLIM MSMES IN NORTH SUMATRA

Lubis, Muhammad Azizi Akbar (Unknown)
Batubara, Maryam (Unknown)
Rahmani, Nur Ahmadi Bi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2025

Abstract

Boikot produk-produk afiliasi Israel memiliki dampak yang signifikan terhadap perilaku konsumen, terutama di sektor makanan dan minuman. Orang-orang beralih ke produk lokal dan mencari alternatif serupa, sehingga membantu mendorong pengembangan UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh boikot, inovasi produk, dan promosi terhadap peningkatan penjualan UMKM. Responden penelitian ini adalah 100 UMKM makanan dan minuman di Sumatera Utara. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa boikot dan inovasi produk memainkan peran penting dalam meningkatkan penjualan UMKM, didukung oleh preferensi konsumen terhadap produk lokal dan kemampuan UMKM untuk berinovasi. Di sisi lain, promosi tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Secara simultan, ketiga variabel berkontribusi pada peningkatan penjualan. Penelitian ini menegaskan bahwa boikot dan inovasi produk efektif dalam meningkatkan penjualan, sementara strategi promosi masih perlu ditingkatkan, serta memperkaya literatur tentang strategi pemasaran UMKM dalam konteks boikot dan digitalisasi bisnis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sosioedukasi

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

urnal sosioedukasi (e-ISSN: 2541-612X, Print ISSN 2086-6135) diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Banyuwangi, diterbitkan dua kali setahun pada bulan mei dan november. fokus Scientific Journals of Education and Social. Jurnal sosioedukasi mencakup semua bidang dan ...