Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah umum memegang peran penting dalam pembentukan karakter dan moral peserta didik, terutama di era digital yang penuh tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi PAI, implementasi kurikulum, dan problematika tenaga pendidik PAI di sekolah umum. Lokasi penelitian mencakup sekolah umum di Indonesia dengan fokus pada adaptasi Kurikulum Merdeka. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur dan analisis kepustakaan. Data dikumpulkan melalui telaah komprehensif terhadap buku, jurnal ilmiah, dan publikasi akademik tahun 2021-2025 yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa urgensi PAI semakin terasa di tengah tantangan globalisasi serta perkembangan teknologi yang berpotensi menimbulkan degradasi moral, sehingga PAI menjadi benteng utama dalam membangun integritas dan kepribadian siswa. Namun, implementasi kurikulum PAI masih menghadapi berbagai kendala, seperti keterbatasan waktu pembelajaran, perbedaan latar belakang siswa, serta kurangnya dukungan fasilitas dan teknologi. Selain itu, problematika tenaga pendidik PAI, seperti keterbatasan kompetensi, kurangnya pelatihan berkelanjutan, dan beban kerja yang tinggi, turut mempengaruhi efektivitas pembelajaran PAI di sekolah umum.
Copyrights © 2025