Latar Belakang: Status gizi anak sekolah dasar merupakan faktor penting yang memengaruhi kesehatan fisik, perkembangan kognitif, dan kesejahteraan emosional. Tujuan: Untuk menganalisis hubungan antara status gizi dengan kondisi emosional anak sekolah dasar di Kota Tangerang. Metode: Penelitian ini yaitu analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 94 orang. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian diuji dengan uji statistik Chi Square dengan signifikansi α = <0,05 dengan program SPSS 29. Instrumen penelitian dengan menggunakan kuesioner Strength and Difficulties Questionnaire (SDQ) dan penentuan status gizi diukur dengan Indeks Massa Tubuh. Penelitian ini dilakukan di SD terpilih di Kota Tangerang. Hasil: Hasil uji Chi Square dengan taraf kesalahan (α) = 0,05, diperoleh nilai p = 0,00001. Ini berarti ada hubungan signifikan antara status gizi dengan kondisi emosional anak. Anak dengan status gizi normal memiliki risiko 0,692 kali lebih rendah mengalami masalah emosional dibandingkan anak dengan status gizi tidak normal. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara status gizi dengan kondisi emosional anak. Hasil ini menegaskan perlunya intervensi gizi dan dukungan psikologis dalam program kesehatan sekolah
Copyrights © 2025