Media poster adalah media pembelajaran komunikasi tertulis yang disajikan dalam bentuk gambar atau teks yang dimaksudkan untuk menarik perhatian banyak orang agar pesannya mudah dipahami oleh orang lain. Media poster berfungsi sebagai alat bantu pengajaran bagi siswa kelas IV di sekolah dasar yang sedang mempelajari siklus hidup makhluk hidup. Penggunaan media ini Diharapkan mampu meningkatkan efisiensi proses edukasi peserta ajar serta mendukung mereka dalam mencapai prestasi akademik yang lebih maksimal. Riset ini bertujuan untuk mengevaluasi efek penggunaan sarana poster terhadap pemahaman capaian belajar murid di SDN Ciawi 01. Jenis studi yang diterapkan adalah penelitian pra-uji coba dengan metode angka. Teknik pemilihan responden yang digunakan dalam riset ini adalah metode total sampling. Hasil investigasi mengungkapkan adanya korelasi yang signifikan antara variabel X, yakni sarana poster, dengan variabel Y, yaitu pemahaman capaian belajar peserta ajar. Nilai t-kalkulasi yang diperoleh sebesar 28,64178, lebih besar dibandingkan t-tabel sebesar 1,699. Oleh sebab itu, hipotesis nol (Ho) ditolak, sedangkan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang menunjukkan bahwa pemanfaatan sarana poster berdampak positif terhadap peningkatan tingkat pemahaman capaian belajar murid di kelas IV.
Copyrights © 2025