EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 5 No. 3 (2025)

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN PHET SIMULATIONS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LINGGO SARI BAGANTI

Azhari, Diah Fitri (Unknown)
Hidayati, Abna (Unknown)
Pratiwi, Rahmi (Unknown)
Kurnia, Reni (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2025

Abstract

This study aims to determine the effect of the Problem Based Learning (PBL) model assisted by PhET simulations on student learning outcomes in science subjects of class VIII SMP Negeri 1 Linggo Sari Baganti. The method used in this study is quantitative with a quasi-experimental approach through a nonequivalent control group design. Sampling in this study used a purposive sampling technique totaling 64 regular class students (32 students in the experimental class and 32 students in the control class). The research instruments used were pre-test and post-test totaling 20 multiple-choice questions that had previously been tested for validity, reliability, discrimination power and difficulty level of the questions. Then, data analysis in this study used a t-test to test the hypothesis and prerequisite tests in the form of normality and homogeneity tests. The results of this study indicate that there is a significant difference between the average value of student learning outcomes who participated in learning using the Problem Based Learning (PBL) model assisted by PhET simulations, namely 78.59 higher than conventional learning, namely 64.84. Meanwhile, the results of the t-test analysis showed that tcount > ttable, namely 0.412 > 2.000 for a significance level of ? 0.05. The conclusion of this study is that the use of the Problem Based Learning (PBL) model assisted by PhET simulations has an effect on improving student learning outcomes in the natural science of class VIII of SMP Negeri 1 Linggo Sari Baganti. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model Problem Based Learning (PBL) berbantuan PhET simulations terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 1 Linggo Sari Baganti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment melalui desain nonequivalent control group design. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 64 siswa kelas reguler (32 siswa kelas eksperimen dan 32 siswa kelas kontrol). Instrumen penelitian yang digunakan adalah pre-test dan post-test yang berjumlah 20 butir soal pilihan ganda yang sebelumnya telah di uji validitas, uji reliabilitas, uji daya beda dan tingkat kesukaran soal. Kemudian, análisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t untuk menguji hipotesis dan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan PhET simulations yaitu 78,59 lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yaitu 64,84. Sedangkan hasil análisis uji t-test diketahui thitung > ttabel yaitu 0,412 > 2,000 untuk taraf signifikan  0,05. Kesimpulan dari penelitian ini terbukti bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan PhET simulations berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 1 Linggo Sari Baganti.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

educational

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pedidikan dan ...