Penelitian ini memiliki tujuan guna mendeskripsikan penerapan pada nilai karakter religius, integritas, serta kemandirian ketika kegiatan pembelajaran di SD Muhammadiyah 2 Krian. Metode yang digunakakan merupakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang melibatkan teknik pengumpulan data lewat pengamatan, wawancara, juga dokumentasi. Hasil pada penelitian mengindikasikan bahwasannya sekolah secara teratur mengimplementasikan nilai religius melalui kegiatan salat Dhuha, membaca Al-Qur’an,serta perayaan sepert hari besar Islam. Nilai integritas diajarkan dengan membiasakan sikap jujur, bertanggung jawab, dan tidak menyontek. Oleh karena itu, nilai kemandirian dikembangkan melalui kegiatan seperti piket kelas dan pengelolaan acara oleh peserta didik. Para guru dan kepala sekolah memainkan peran penting sebagai contoh dan penggerak utama dalam pendidikan karakter. Namun, ada beberapa masalah seperti minimnya pemahaman peserta didik tentang makna nilai-nilai karakter, waktu yang terbatas, dan rendahnya partisipasi orang tua. Meskipun demikian, penerapan nilai-nilai karakter di SD Muhammadiyah 2 Krian menunjukkan komitmen yang kuat guna mewujudkan pendidikan karakter yang berkesinambungan juga sesuai pada tujuan pendidikan nasional.
Copyrights © 2025