Jurnal Pendidikan Sejarah
Vol. 14 No. 2 (2025): JPS - Jurnal Pendidikan Sejarah, Volume 14, Nomor 2, Tahun 2025

Efektivitas LMS Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Sejarah Kearifan Lokal Megalitik Pasemah di SMA Negeri 10 Palembang

Aini, Nur (Unknown)
Pahlevi, Muhammad Reza (Unknown)
Meldianto (Unknown)
Negara, Indra Alam Prawira (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan produk media pembelajaran berupa Learning Management System yang bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran yang valid dan efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Produk Learning Management System ini dikembangkan dengan metode Research & Development (R & D) dengan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk ini dikembangkan untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran sejarah di kelas XI. Hasil data diperoleh melalui uji validitas media dan materi juga melalui tahap uji perorangan, uji kelompok kecil dan uji coba lapangan (pretest dan postest). Data penilaian hasil validasi dan uji coba peserta didik mendapatkan perolehan berikut ini (1) ahli media 4,94 (2) ahli materi 4,69 (3) uji coba perorangan 4,63 (4) uji coba kelompok kecil 4,38 (5) pretest 1 lulus KKM dengan nilai rata-rata 46,36, postest 33 lulus KKM dengan nilai rata-rata 91,33. Berdasarkan hasil perolehan data tersebut menunjukkan bahwa produk Learning Management System sebagai media pembelajaran sejarah dengan materi Kearifan Lokal Megalitik Pasemah memenuhi kriteria layak dan valid untuk digunakan di kalangan peserta didik SMA Negeri 10 Palembang.

Copyrights © 2025