Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ekonomi Kelas XI Ips Di SMA Santa Maria Monica Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan jumlah sampel 40 siswa kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI Ips Di SMA Santa Maria Monica. Data yang digunakan adalah Analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan data hasil penelitian yang telah diperoleh, maka peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa hasil analisis data menggunakan program SPSS versi 20 menunjukkan bahwa nilai t hitung diperoleh thitung sebesar 2,093 ttabel sebesar 1,685 dengan signifikasi sebesar 0,043, karena nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 jadi signifikan, maka hipotesis diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Berdasarkan hasil perhitungan SPSS diperoleh R adalah 0,103. Hal itu menunjukan bahwa tingkat pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi belajar siswa adalah 10,3%. Sedangkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,322. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kontribusi Lingkungan Sekolah (X) terhadap Prestasi belajar Siswa (Y) adalah 10,3%.
Copyrights © 2025