Arus Jurnal Pendidikan
Vol 5 No 2: Agustus (2025)

Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA PGRI 1 Bekasi

Hardiansyah, Fadly (Unknown)
Aryani , Rita (Unknown)
Widodo, Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan media pembelajaran PowerPoint dengan motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan sampel 69 siswa kelas XI IPS SMA PGRI 1 Bekasi. Data yang digunakan adalah Analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian perhitungan uji hipotesis diperoleh t hitung sebesar 10,385 dan nilai t tabel sebesar 1,996. Hal ini berarti t hitung > t tabel yakni 10,385 > 1,996 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya penggunaan media pembelajaran PowerPoint berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Kemudian berdasarkan hasil uji koefisien determinasi dapat diketahui bahwa koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,617. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kontribusi penggunaan media pembelajaran PowerPoint (X) terhadap motivasi belajar (Y) adalah 61,7% sedangkan sisanya 38,3% dipengaruhi variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.Hasil penelitian ini memberikan arti penting untuk pengembangan kebijakan pendidikan, khususnya terkait dengan penggunaan media pembelajaran PowerPoint dalam kegiatan belajar siswa di kelas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ajup

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Arus Jurnal Pendidikan atau di singkat dengan (Ajup) adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil-hasil penelitian, kajian literatur, review buku pada bidang pendidikan secara umum, pendidikan yang berkaitan dengan masalah pendidikan baik siswa, guru, sekolah. selain itu, media, metode, ...