Andragogi Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 2 (2025): Pendidikan dan Pembelajaran

Strategi Modifikasi Etika Belajar dengan Gaple Arab pada Siswa MTs

Asni Furoidah (Unknown)
Anuwat Sohwang (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang suka bermain gaple disaat jam pelajaran khususnya pada pelajaran bahasa Arab yang akan menjadikan bahan evaluasi belajar siswa, bahwa dampak tersebut menjadikan sikap siswa kurang dan nilai menurun, maka hal ini menjadi alasan penyebab permasalahan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Nahdotut Talamidz Jombor Tambak Banyumas, jumlah siswa yang diteliti 20 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hasil belajar dan etika siswa dalam belajar bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian “One Group Pretest-Posttest Design”. Hasil penelitian ini memberikan kemajuan pada nilai bahasa Arab siswa dan meberikan pengarahan dalam merubah etika belajar, hal ini dibuktikan dengan pemghitungan uji normalitas dengan KolmogorovSimonov test diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed). Sebesar 0,200 lebih besar dari 0,05. Data berdistribusi normal dan didukung dengan uji t, sig. sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar Pre Tes dengan Post Test, yang artinya ada pengaruh penggunaan media gaple pada pembelajaran bahasa Arab.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

adrg

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Andragogi Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran is a journal published by Universitas KH. Abdul Chalim Pacet Mojokerto is published twice times a year (March and September) as a media for scientific communication of academicians in the study of Teaching and Learning based on Interdisciplinary Research. ...