Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis iSpring Suite 11 dalam pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPAS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI SD Negeri 1 Bungur. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari 31 siswa, dan data dikumpulkan melalui wawancara, angket validasi, observasi, serta tes berpikir kritis (pretest-posttest). Hasil validasi ahli materi dan media masing-masing memperoleh skor 92,5% dan 95%, termasuk kategori “sangat layak”. Uji kepraktisan menunjukkan skor 94% dari siswa dan 90% dari guru. Uji efektivitas menunjukkan peningkatan rata-rata skor berpikir kritis dari 64,2 menjadi 85,1, dengan N-Gain 0,61 (kategori sedang-tinggi). Media ini mengakomodasi keberagaman gaya belajar melalui fitur interaktif seperti video, simulasi, kuis, dan navigasi fleksibel, sehingga mendorong keterlibatan aktif siswa dan respons terhadap perbedaan kesiapan, minat, dan profil belajar. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis pada penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis teknologi dan implikasi praktis bagi guru dalam mengintegrasikan media digital interaktif pada Kurikulum Merdeka. Disarankan guru memanfaatkan iSpring Suite 11 sebagai strategi inovatif dalam pembelajaran
Copyrights © 2025