SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan
Vol 12 No 2 (2025): JURNAL SEUNEUBOK LADA (on progress)

Pendidikan Perdamaian Berbasis Kearifan Lokal: Strategi Memperkuat Identitas dan Persatuan Di SD Negeri Alue Bue Kabupaten Aceh Timur

Suhaimi (Unknown)
Aulia Rahman (Unknown)
Imam Hadi Sutrisno (Unknown)
Mufty Riyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan perdamaian berbasis kearifan lokal sebagai strategi dalam menumbuhkan kesadaran budaya dan mempererat persatuan di SD Negeri Alue Bu, Kabupaten Aceh Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggambarkan secara mendalam penerapan pendidikan perdamaian berbasis kearifan lokal di sekolah tersebut. Subjek penelitian dipilih secara purposive, terdiri dari kepala sekolah, guru, dan beberapa peserta didik yang terlibat langsung dalam kegiatan pendidikan perdamaian, dengan kriteria seperti guru yang telah mengajar minimal tiga tahun dan siswa yang aktif dalam program berbasis nilai damai. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan perdamaian berbasis kearifan lokal di SD Negeri Alue Bu efektif dalam menumbuhkan apresiasi siswa terhadap warisan budaya mereka, seperti cerita rakyat dan praktik gotong royong, yang mendorong rasa memiliki terhadap lingkungan sosial dan memperkuat rasa kebersamaan. Nilai-nilai musyawarah mufakat, gotong royong, dan saling menghormati diterapkan secara konsisten dalam pembelajaran dan kegiatan sekolah, membentuk karakter siswa yang demokratis dan toleran. Penggunaan media pembelajaran berbasis cerita rakyat serta aktivitas seni tradisional meningkatkan pemahaman terhadap nilai sosial dan membangun sikap inklusif. Iklim sekolah yang damai dan partisipatif juga mendukung motivasi belajar dan kenyamanan psikologis siswa di sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jsnbl

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

The Seuneubok Lada journal only publishes scientific works resulting from empirical and theoretical research to develop science. The focus of the Seuneubok Lada Journal is the field of historical education, social history and culture. History education includes the study of history education in ...