ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMPN 7 Seluma. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif kuantitatif . Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 7 Seluma dengan jumlah 128 orang. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen tes berupa soal essay sebanyak 10 butir soal pada materi gerak benda dan makhluk hidup dilingkungan sekitar. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikr kritis siswa kelas VIII SMPN 7 Seluma berada pada kategori sedang (44,51). Berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis yang terendah (33,85) memberikan penjelasan sederhana, tertinggi (58,72) membangun keterampilan dasar. Faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis rendah diduga karena metode pembelajaran yang kurang mengajak siswa untuk aktif selama proses pembelajaran. Kata  kunci: analisis, berpikir kritis, SMP, Seluma   ABSTRACT Study aims to describe students critical thinking skills at SMPN 7 Seluma in class VIII. This research is descriptive quantitative. The research subjects were all students of class VIII SMPN 7 Seluma with a total of 128 people. Research data collection techniques used test instruments in the form of essay questions of 10 questions on the material of motion of objects and living things in the surrounding environment. The sampling technique in this study used a total sampling technique. Results showed that the average critical thinking ability of class VIII students of SMPN 7 Seluma was in the medium category (44.51). Based on indicators of critical thinking skills, the lowest (33.85) provides simple explanations, the highest (58.72) builds basic skills. Factors that affect low critical thinking skills are thought to be due to learning methods that do not invite students to be active during the learning process. Keywords: analysis, critical thingking, junior high school, Seluma
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024