Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2025): June-September 2025

Perbandingan Budaya Literasi Pendidikan Islam Warga Muhammadiyah di Madinah - Arab Saudi dengan Mahasiswa Program Studi PAI UMSU

Hartopo Abdul Jabbar (Unknown)
Abd Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan budaya literasi pendidikan Islam antara warga Muhammadiyah yang tinggal di Madinah, Arab Saudi, dengan mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan komparatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam budaya literasi pendidikan Islam antara kedua kelompok, yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan, sistem pendidikan, dan kebijakan keagamaan. Warga Muhammadiyah di Madinah cenderung lebih fokus pada literasi keagamaan berbasis teks klasik, sementara mahasiswa PAI UMSU lebih terpapar pada literasi pendidikan Islam yang terintegrasi dengan konteks sosial dan budaya Indonesia. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk pengembangan budaya literasi pendidikan Islam yang lebih inklusif dan kontekstual. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya memahami konteks budaya dalam pengembangan literasi pendidikan Islam, serta perlunya kolaborasi antara kedua pihak untuk memperkaya pengalaman belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...