Kemajuan teknologi digital telah mentransformasi pola Tingkah laku konsumen, terutama dalam kegiatan berbelanja online melalui platform jual beli elektronik seperti Shopee. Studi ini mempunyai sasaran untuk mengkaji dampak online customer review dan online customer rating terhadap consumer satisfaction dengan purchase decision yang berperan sebagai variabel perantara. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan teknik Structural Equation Modeling (SEM) yang berbasis Partial Least Square (PLS). Subjek penelitian melibatkan 384 responden yang merupakan pengguna aktif Shopee di wilayah Kabupaten Garut. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa online customer review dan online customer rating sama-sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap purchase decision dan consumer satisfaction. Lebih lanjut, purchase decision juga menunjukkan pengaruh yang bermakna terhadap consumer satisfaction, yang mengonfirmasi perannya sebagai variabel mediator. Hasil ini memperkuat pentingnya mekanisme ulasan dan sistem penilaian konsumen dalam proses pembentukan keputusan pembelian serta tingkat kepuasan pelanggan
Copyrights © 2025