Tarbiya Islamica
Vol. 13 No. 1 (2025): Januari - Juni

Model-Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MAS Miftahul Huda

Syamsul Arifin (Unknown)
Sukino (Unknown)
Sahri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Evaluasi pembelajaran memiliki peran penting dalam memastikan keberhasilan proses belajar-mengajar, termasuk pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan memanfaatkan data primer dan sekunder melalui observasi, wawancara, serta telaah dokumen yang dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan evaluasi pembelajaran SKI di MAS Miftahul Huda telah berupaya mengikuti prinsip universal, keberlanjutan, dan objektivitas, meskipun penerapannya belum sepenuhnya konsisten. Model evaluasi yang digunakan meliputi evaluasi formatif untuk memantau perkembangan belajar, evaluasi sumatif untuk menilai hasil akhir, serta model CIPP (Context, Input, Process, Product) sebagai pendekatan komprehensif dalam mengevaluasi program pembelajaran. Temuan ini menegaskan bahwa kombinasi ketiga model evaluasi tersebut mampu memberikan gambaran menyeluruh mengenai kualitas pembelajaran SKI, di mana implementasi prinsip dasar evaluasi menjadi kunci dalam meningkatkan efektivitas dan kebermaknaan hasil pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

TarbiyaIslamica

Publisher

Subject

Religion Electrical & Electronics Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Scope of Tarbiya Islamica Journal of the Tarbiya Faculty and Teacher Training of IAIS Sambas: Islamic Education Thought Islamic Education Management Islamic Education Policy Issues of Islamic Education Islamic Education Philosophy Islamic education Islamic Education ...