Pembelajaran Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode pembelajaran yang tepat guna untuk meningkatkan keseimbangan statis siswa SDN Kampungdalem 4 Kota Kediri.. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri (1) tahapan persiapan (2) tahapan pelaksanaan awal (Pretest) dan (3)pelaksanaan akhir (Posttest). Penelitian ini terdiri dari 10 sampel 4 laki-laki dan 6 perempuan. Pada penelitian ini menggunakan norma tes keseimbangan statis, rumus presentase dan tabel kuantitatif. Hasil penelitian pada pretest dan posttest siklus satu dan dua tes berdiri satu kaki pada kategori kemampuan keseimbangan sangat kurang 70%, 50% dan 20% pada kategori kurang 20%, 30% dan 30% pada kategori baik 10%, 10% dan 30% pada kategori baik sekali 0%, 10% dan 20%. Hasil dari analisis penelitian berdasarkan data menujukan bahwa permainan tradisional engklek dapat digunakan oleh para pendidik sebagai metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan keseimbangan statis para peserta didik khususnya pada jenjang sekolah dasar.
Copyrights © 2025