Pendidikan yang efektif memerlukan metode pembelajaran yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa. Pengajaran konvensional mengabaikan variasi antar individu, sehingga menghasilkan prestasi akademik yang rendah. Teaching at The Right Level (TaRL) adalah pedagogi di mana siswa dikelompokkan berdasarkan tingkat pemahaman mereka demi meningkatkan efisiensi pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada peningkatan kinerja siswa dalam pelajaran renang gaya bebas melalui metode TaRL. Penelitian ini dirancang menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Menurut peneliti, pendekatan ini sangat efektif untuk mengidentifikasi masalah pembelajaran dan memberikan solusi yang tepat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes pembelajaran, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data kualitatif dan kuantitatif digunakan. Ada peningkatan yang signifikan dalam prestasi belajar siswa setelah menerapkan metode TaRL. Sebelum penerapan, sebagian besar siswa tidak dapat memenuhi standar kompetensi belajar. Pada siklus kedua, semua siswa dapat memperoleh skor lebih tinggi dari tingkat kompetensi. Dari penelitian ini, jelas bahwa metode TaRL tidak hanya meningkatkan hasil belajar tetapi juga menginspirasi dan mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Pengelompokan siswa berdasarkan kemampuan mereka membuat pembelajaran lebih efektif dan fleksibel. Metode TaRL terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam renang gaya bebas secara signifikan
Copyrights © 2025